Desain Kemasan produk EDD cemilan Kolaka
Oleh Kelompok I:
1. Mardayanti
2. Mutmainna
3. Nurlela
4. Fitri Adriani
5. Andi Anggi Monica
6. Andi Suci Magfi Rahmadani
Program Studi Manajemen
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Sembilanbelas November Kolaka
Abstrak
Persaingan bisnis rumahan sedang diminati banyak konsumen di kolaka, salah satunya adalah Edd cemilan. Edd cemilan merupakan usaha rumahan yang menjual berbagai macam produk salah satunya stick keju. Pemilik usaha membuat desain kemasan produk sebagai alat pembungkus, melindungi, menyimpan, dan membedakan dengan produk lain di pasar. Keunikan dari pengemasan jenis produk ini menggunakan desain yang unik sehingga menghadirkan kesan yang menarik dan menggunakan konsep eat and go dimana konsumen dapat membeli langsung dan tanpa perlu mengonsumsi ditempat sehingga tidak membutuhkan waktu yang lama serta pemilihan bahan makanan dan desain produk yang berbeda dari biasanya sehingga menjadi daya tarik konsumen dan dapat berdiri sejajar,bersaing melawan competitor.
Kata kunci: desain produk, kemasan, makanan ,stik keju
Abstract
Home business competition is being demanded by many consumers in kolaka. One of which is Edd snacks. Edd snacks is a home business that sells various products one of which is cheese sticks, business owners make product packaging designs as a means of wrapping, protecting, storing And differentiates it from other products in the market. The uniqueness of this type of product packaging is using a unique design so as to present an attractive impression and using the eat and go concept where consumers can buy directly and without the need to consume on the spot so it doesn’t take a long time and the selection of food ingredients and designs a product that is different from the usual so that it attracts consumers and can stand on an equal footing, competing against competitors.
Keywords: product design, packaging, food, cheese stick
Pendahuluan
Desain merupakan perencanaan dalam pembuatan sebuah objek, system, komponen dan struktur. dalam bidang perencanaan pengembangan produk, perkembangan produk, perkembangan teknologi informasi sudah sangat terasa dampaknya yaitu dengan banyaknya software yang membantu kita dalam memecahkan masalah dalam bidang perancangan desain produk. Dalam pengembangan usaha cemilan ini bermula sebagai alternative usaha yang mudah dan menguntungkan, saat ini sudah banyak makanan ringan yang beredar khususnya di daerah kolaka yang memiliki bentuk, rasa, pengemasan, dan tampilan yang berbeda beda. Akan tetapi pemilik usaha EDD cemilan berinovasi untuk membuat berbagai macam cemilan dengan varian rasa yang berbeda dan mampu bersaing yang sehat dalam persaingan pasar.
Untuk tetap maju dalam persaingan pemilik usaha perlu meningkatkan kualitas produk, desain produk, kualitas pelayanan dan kepusan konsumen yang akan mengacu kepada loyalitas konsumen. Desain kemasan atau dapat disebut juga packaging adalah salah satu dari sekian banyak hal harus menjadi pertimbangan strategi diketiga elemen positioning diferensiasi, brand pada suatu produk. Konsumen dapat diransang perhatiannya oleh daya tarik visual yang terlihat dalam produknya dengan memanfaatkan warna, bentuk, ilustrasi, dan tentunya mereknya.
Pemilik usaha membuat desain kemasan produk sebagai alat, pembungkus, melindungi, menyimpan, dan membedakan dengan produk lain dipasar. Tidak dapat dipungkuri bahwa kemasan sebagai objek yang sangat penting untuk kelangsungan suatu produk. Salah satu pendukung dari perkembangan ekonomi di kabupaten kolaka ialah banyak wisatawan yang berkunjung. Dengan banyaknya wisatawan akhirnya banyak para pengusaha yang kreatif memanfaatkan peluang ini dengan berlomba lomba mendirikan UMKM salah satunya pemilik usaha EDD CEMILAN sangat memanfaatkan kesempatan ini.
Berdasarkan uraian diatas maka, suatu desain produk selain harus memperhatikan nilai estetika yaitu penempatan dan fungsi setiap material yang terletak pada desain kemasan tersebut.
Metode Penelitian
Data primer
Proses pengumpulan data primer dalam perancangan ini adalah dengan metode wawancara dan observasi. Mendatangi langsung tempat produksi dan penjualan offline edd cemilan, menanyakan segala informasi detail mengenai desain produk yang ada. Tidak hanya dari sisi desain tetapi juga kelemahan yang sudah ditemui pada desain produk yang sudah ada. wawancara dilakukan langsung kepada pemilik edd cemilan selain itu juga menanyakan kepada konsumen yang sudah mencoba produk produk edd cemilan mengenai kepuasan terhadap desain produk yang ada apakah sudah mendukung citra rasa dari produk.
Hasil dan Pembahasan
EDD cemilan adalah UKM yang terdaftar di PERINDAG pada tahun 2018 sampai sekarang. Pada tahun 2018 pemilik usaha EDD cemilan mulai memasarkan produknya ti toko toko yang ada di kabupaten kolaka, cemilan yang di produksi sangat di minati oleh masyarakat mulai dari anak anak hingga orang dewasa, harganya pun tergolong murah tanpa mengurangi kualitas produk. Desain produknya pun tidak kalah saing dengan produk lainnya. Pemilik usaha tersebut juga mempunyai karyawan sebanyak 4 orang wanita dan 1 orang laki laki
Demi menjaga kualitas produk pengembangan agar tetap sesuai dengan karakteristik produk standar, resep pengembangan harus tetap menggunakan acuan resep standar sebagai control. Sehingga dapat menghasilkan produk cemilan yang gurih dan enak.resep yang digunakan berasal dari sumber buku makanan yang kemudian di modifikasi oleh pemilik usaha. Dari hasil percobaan yang dilakukan, hasil yang sesuai dengan harapan akan digunakan sebagai resep acuan untuk pengembangan produk.
Kriteria penilaian kemasan
Dalam kehidupan sehari hari, kemasan memiliki peranan yang sangat penting. Kemasan yang baik akan meningkatkan penjualan, sehingga produsen harus memperhatikan syarat syarat kemasan agar mencapai tujuan tersebut. syarat syarat kemasan yang baik antara lain:
a. Sebagai tempat
kemasan harus dapat mewadahi dan menyesuaikan dengan produk yang ditempatkan di dalamnnya, baik dari segi ukuran maupun bentuk produk terebut karena setiap produk memiliki bentuk dan ukuran yang tidak sama, sehingga produk dapat tersimpan dengan aman dan tidak mudah rusak.
b. Menarik
menarik memiliki kekasan yang relative bagi setiap orang, sehingga produsen harus memiliki konsep yang matang untuk dapat memberikan kesan yang menarik bagi sebuah produk dibanding produk lain kemasan menarik yang dimaksud adalah kombinasi bahan,bentuk, komposisi warna,gambar, tulisan,dan lainnya yang bertujuan untuk menimbulkan kesan bahwa produk tersebut berkualitas.
c. Dapat melindungi
kemasan dapat menjadi pelindung bagi produk dari segala kerusakan seperti akibat cuaca, jatuh, kotor, dan lain segalanya.
d. Praktis
praktis yang dimaksud adalah kemasan mudah di bawa, dibuka, ringan, dan sebagainnya sehingga kemasan yang praktis akan mempermudah konsumen menggunakan suatu produk.
e. Menimbulkan harga diri
kemasan yang menarik pada umumnya menimbulkan harga diri. Jika kemasan menarik, konsumen tidak segan membeli produk untuk diberikan kepada orang lain sebagai hadiah. Meskipun isi produk tersebut sama dengan produk sejenis lainnya hal ini dikarenakan kemasan yang menarik menjadi pilihan utama konsumen melakukan pemebelian.
f. Ketepatan ukuran
setiap produk memiliki ukuran yang berbeda beda sehingga kemasan harus menyesuaikan dengan ukuran dan bentuk dari produk. Ketepatan ukuran sangat diperlukan agar konsumen dapat menjangkau dan tidak tertipu oleh kemasan luar oleh produk yang ada.
g. Pengangkutan
dalam membuat kemasan, sebuah kemasan produk dalam jumlah pengiriman yang banyak, membutuhkan pengiriman dengan penempatan yag ditumpuk, sehingga kemasan harus di desain sedemikian rupa agar dapat bertahan dan tidak mudah rusak ketika pengiriman terjadi. Selain itu membuat kemasan juga perlu memperhatikan pengaruhnya terhadap ongkos pengangkutan. Dengan penghematan ongkos pengangkutan maka harga jual produk dapat lebih rendah dari pesainnya.
Analisi SWOT sebagai kelayakan usaha:
* Kekuatan (strength)
Rasa percaya bahwa produk ini akan diterima dengan baik oleh masyarakat luas, karena produk mempunyai kualitas yang cukup tinggi karena menggunakan bahan tanpa pengawet serta mengandung protein dan pembuatannya juga sangat higenis.
* Kelemahan(weaknes)
1. Produk mudah ditiru
2. Harga bahan baku tidak stabil
3. Alat produksi masih tradisional
* Peluang( opportunity)
Produk cemilan ini memang sudah ada di kalangan masyarakat akan tetapi usaha cemilan ini berbeda rasanya dengan yang biasa, cemilan ini produk hasil modifikasi yang sedemikian sehingga menjadi produk baru serta menarik yang dapat bersaing dengan makanan modern.
1. Ancaman (treath)
2. Bahan baku yang tidak stabil
3. Adanya produk yang serupa dengan harga yang lebih murah
Kesimpulan
Dapat disimpulkan bahwa desain produk adalah perancangan dan perencanaan suatu benda agar memiliki Nilai lebih dalam berbagai aspeknya seperti fungsi yang lebih efektif, tampilan yang lebih indah hingga kepenggunaan yang lebih mudah dan nyaman serta tidak sulit dirawat untuk kemudian diproduksi secara industri dengan lebih efisien pula, baaik secara ekonomi maupun teknis sehingga memberikan keuntungan bagi konsumen (pengguna) dan produsen.
“EDD cemilan “ merupakan brand produk yang diciptakan oleh pemilik usaha, produk ini di ciptakan atas survey yang pemilik usaha lakukan untuk mencari peluang bisnis yang baikdan bermanfaat (yang di butuhkan) Oleh masyarakat, pemilik usaha sangat mengharapkan produk yang dibuat dapat di terima dan dapat disenangi oleh para konsumen.
a. Pemilik usaha lebih memperhatikan kemasan produk agar terlihat menarik dimata konsumen
b. Pemilik usaha memperbanyak desain produk agar konsumen selalu melihat bahwa produk yang diciptakan tidak hanya itu itu saja akan tetapi selalu ada varian rasa baru apapun itu yang bisa membuat produk tidak kalah saing dengan makanan makanan modern.
Daftar pustaka
EDD, Perusahaan produk,, interview by mahasiswa USN. (101,2020).
Mujiati.ibu,interview by mahasiswa USN Kolaka. Pemilik perusahaan (10 1,2020).
Pengertian produk 2019.
https://www.google.com.search?q=pengertian+produk&rIz=ICICHBF_enID835&oq=pengertian+produk&aqs=chrome.69i57j0iI1319.4039j0j7&sourceid=chrome&ie=UTF-8#(accessed09 1,2020).
Pengertian produk. Agustus 14,2021. https//www.gurupendidikan.co.id/pengertian-produk/(accessed09)






0 komentar:
Posting Komentar